Site icon Ekonomi Bisnis dan Teknologi

Mengintip Alibaba Group, Gurita Bisnis Asal Tiongkok

Jack Ma merupakan pendiri Alibaba Group adalah pemegang kunci sukses dari bisnis e-commerce asal Tiongkok ini. Didirikan pada tahun 1999 bersama 18 rekan lainnya, saat ini Alibaba telah berkembang menjadi salah satu perusahaan yang diakui oleh dunia.

alibaba group logo

Alibaba didirikan di Hangzhou, China dengan modal awal sekitar $60.000. Awalnya berkantor di sebuah apartemen kecil milik Jack Ma. Bahkan kabarnya pegawai perusahaannya direkrut dari kalangan petani-petani desa karena dapat dibayar lebih murah. Tidak jarang perusahaannya menyarankan pegawainya tinggal di dekat kantor untuk memangkas ongkos transportasi.

Saat itu Alibaba tidak sanggup membayar gaji para sarjana China yang cukup mahal. Pegawainya bekerja 16 jam sehari dalam seminggu. Jack Ma memang sangat keras dalam mengendalikan urusan jam kerja. Akan tetapi sekarang, kerja keras yang dilakukan telah terbayar dengan revolusi Alibaba menjadi perusahaan berskala internasional

Alibaba adalah perusahaan teknologi yang terintegrasi, menyediakan platform e-commerce untuk mendukung bisnis dan ekonomi digital. Dengan adanya teknologi ini bisa memangkas penjualan dari produsen langsung ke konsumen. Alibaba adalah sebuah gurita bisnis yang tidak hanya berpusat pada e-commerce. Bahkan saat ini juga telah merambah bisnis, film, hiburan, keuangan, logistik, digital marketing, dan masih banyak yang lainnya.

Anak Perusahaan Alibaba Group

Beberapa anak perusahaan Alibaba yang terkenal diantaranya:

Merupakan marketplace grosir dalam skala internasional. Banyak pedagang kecil di China memanfaatkan jasa ini untuk membeli barang secara grosir dengan harga lebih murah. Selain itu di sini juga dilayani transaksi dalam skala ekspor-impor dari produsen pabrikan internasional.

Merupakan situs belanja online seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan yang lainnya. Bahkan Taobao di China di gadang-gadang memiliki kesuksesan mirip dengan eBay di Amerika.

Ant Financial menawarkan layanan kredit kepada pengusaha kecil dengan membangun sistem kredit yang sehat. Layanan ini diluncurkan oleh Alipay.

Adalah perusahaan jasa logistik yang dibangun Jack Ma untuk mendukung platform e-commerce yang dibangun. Ia menawarkan pengiriman tercepat baik di dalam negeri dan keluar negeri.

Merupakan platform navigasi khusus untuk wilayah China. Dapat dikatakan layanan ini mirip Google Maps yang dimiliki oleh Google. Peta yang dimiliki cukup lengkap dan akurat bahkan menjadi penyedia layanan untuk Google dan Apple.

Lazada merupakan perusahaan asal Singapura yang 83% sahamnya dimiliki oleh Alibaba. Lazada merupakan perusahaan layanan e-commerce yang menjual berbagi kebutuhan barang.

Selain Lazada, Alibaba juga memiliki sebagian kecil saham di Tokopedia, perusahaan e-commerce asal Indonesia. Masih banyak anak perusahaan lain dari Alibaba yang berjumlah hampir sekitar 30 perusahaan.

Inovasi Bisnis Alibaba

Untuk mempertahankan bisnisnya, tentunya Alibaba melakukan berbagai inovasi bisnis agar tidak tertinggal dengan yang lainnya. Inovasi tersebut diantaranya:

Melihat Alibaba Group sebagai suatu platform bisnis raksasa, tentunya diawali dengan cara yang tidak mudah. Dengan semangat pantang menyerah, rajin, gigih, dan semangat berinovasi akan mengantarkan kesuksesan seperti yang diraih oleh Alibaba saat ini.

Exit mobile version