Site icon Ekonomi Bisnis dan Teknologi

Peraturan Kost: Ini Dia 6 Hal Yang Wajib Ada

Pernahkah Anda mendengar penggerebekan kost-kostan, yang jadi tempat berjudi atau terjadinya pembunuhan di rumah sewa? Alasannya, salah satunya yakni dapat terjadi karena peraturan kost dicuekin oleh penyewa. Selain itu karena pemantauan yang lemah dari pihak pemilik kost. Nah jika tak ingin hal itu terjadi pada kost-kostan Anda, pastikan semua aturan berikut ini ada dan dipatuhi!

peraturan kost

6 Hal Yang Wajib Ada Dalam Peraturan Kost

Untuk yang mempunyai atau berencana peluang usaha bisnis kost ini, anda harus merevisi aturan kost jika ternyata saat ini belum memiliki enam poin berikut, apalagi jika Anda tak selalu bisa mengawasi lokasi kos-kosan tersebut selama 24 jam.

Anda harus membuat kriteria penyewa, yang boleh tinggal di komplek kost tersebut. Apakah hanya khusus wanita saja, pria saja, atau boleh bercampur antara pria dan wanita. Penentuannya bisa dilakukan melihat kondisi lingkungan sekitar, misalnya kos terletak di kawasan perkuliahan, ada baiknya memisahkan kos wanita dan pria.

Tentukan juga hak dan kewajiban yang jelas dari para penyewa, sehingga mereka jadi lebih bertanggung jawab saat tinggal disana. Misalnya haknya adalah menggunakan kamar dan fasilitasnya, serta kewajiban membayar uang kos dan merawat kamar semaksimal mungkin.

Ini juga wajib ada dalam aturan kost, karena kebanyakan kost-kostan yang disalahgunakan kurang memperhatikan masalah tamu yang berkunjung. Jadi pastikan ada batasan waktu yang jelas untuk bertamu ke kost-kostan tersebut, standarnya adalah jam 21.00 WIB setiap hari.

Kemudian berlakukan pula tamu harap lapor sebelum memasuki area kost-kostan, untuk meminimalisir terjadinya hal-hal buruk terutama bagi penyewa maupun nama baik kost-kostan Anda.

Beberapa aturan administrasi yang juga harus dilengkapi calon penyewa kost, sebelum Anda memperbolehkannya tinggal. Diantaranya adalah dokumen identitas pribadi, seperti KTP, KK, dan dokumen pendukung lainnya. Contohnya jika calon penyewa bekerja, maka minta data tempatnya bekerja.

Jangan ragu untuk membuat aturan terkait larangan bagi penyewa, yang akan tinggal di kost-kostan Anda. Misalnya tidak boleh membawa pasangan ke kamar kost, tidak boleh mengkonsumsi narkoba. Bila perlu lakukan test secara berkala, untuk mengetahui kesehatan semua penyewa disana.

Tetapkan sanksi tegas bagi penyewa yang melanggar aturan, jangan segan untuk mengusir jika memang mereka melakukan pelanggaran berat. Tapi pastikan terlebih dahulu semua menyelesaikan kewajiban, sebelum keluar dari kost-kostan tersebut.

Pastikan Aturan Kost Dipatuhi Dengan Cara Ini

Untuk memastikan semua warga kost-kostan milik Anda bisa taat aturan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah memberikan pemberitahuan yang jelas saat mempromosikan kost-kostan tersebut terutama soal aturan, fasilitas, dan hak kewajiban penyewa.

Selanjutnya adalah langsung menegur penyewa yang melakukan pelanggaran, jika masuk kategori berat segera beri sanksi tegas. Gunanya untuk menjadi efek jera, agar penyewa lain tidak melakukan hal yang sama di kemudian hari.

Lakukan pengecekan kamar kost secara berkala, untuk mengetahui apakah ada yang melanggar aturan atau tidak. Hal ini sangat perlu dilakukan, apalagi untuk kost dengan jumlah kamar relatif banyak dan lokasinya strategis. Sebab tanpa pengawasan maksimal, tidak tertutup kemungkinan ada satu atau dua orang yang melanggar aturan dan berdampak buruk bagi Anda nantinya.

Jadi mulai sekarang cobalah mempertegas pemberlakuan peraturan kost, jika ingin lingkungan disana tetap aman, nyaman, dan selalu jadi favorit para pencari kamar sewaan. Sebab, masalah bisa timbul dari hal sepele diantaranya pelanggaran kecil di kamar kost yang diabaikan.

Exit mobile version