Peluang Usaha dan Ide Bisnis Modal Kecil

Tips untuk memulai bisnis jasa content writer

Bisnis jasa content writer

Salah satu pilihan jasa yang banyak diminati saat ini adalah menjadi content writer. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini sudah banyak bermunculan content writer baru yang mencoba peruntungan. Hal ini dikarenakan kebutuhan konten artikel atau tulisan semakin meningkat. Beberapa konten ini sering digunakan publisher atau perusahaan tertentu yang masuk dalam kategori media online. Peluang yang semakin besar ini tentu saja diikuti dengan kompetisi yang semakin ketat. Ini yang membuat kamu juga bisa mencoba untuk menjadi content writer. Namun, pastikan kamu memperhatikan beberapa hal untuk memulai bisnis jasa content writer.

Tips untuk memulai bisnis jasa content writer (Pixabay Canva)

5 tips untuk memulai bisnis jasa content writer

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu terapkan untuk memulai bisnis jasa content writer. Bahkan, hal ini juga akan memberikan potensi keuntungan yang cukup besar bagi kamu. Semakin populer pasar yang kamu pilih maka hal ini akan membuat kesempatan kamu mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan beberapa hal yang akan meningkatkan pengembangan bisnis jasa seperti ini. Mungkin kamu bisa menjadikan 5 tips memulai bisnis jasa content writer sebagai rekomendasi penting seperti:

1.      Menentukan kategori konten

Untuk memulai bisnis jasa content writer sebaiknya kamu harus menentukan kategori konten yang ingin ditawarkan kepada para calon klien. Semakin banyak pilihan kategori konten yang kamu berikan maka akan semakin mudah juga calon klien memilih. Selain itu, potensi dari keuntungan yang kamu dapatkan juga akan semakin lebih besar. Hal ini dikarenakan kebutuhan konten juga terus meningkat dengan kebutuhan pada publisher. Sebaiknya kamu terus meningkatkan pengetahuan untuk mendapatkan kemudahan dalam membuat konten.

2.      Memposting portfolio

Cobalah posting contoh artikel yang menjadi portfolio di berbagai sosial media atau blog. Cara seperti ini sebenarnya memudahkan para calon klien untuk menentukan kualitas dari konten yang kamu buat. Selain itu, peluang dari bisnis seperti ini juga akan disesuaikan dari review para pelanggan. Jumlah kunjungan atau pembaca dari artikel yang kamu buat di blog akan memberikan pengaruh terhadap keputusan para calon klien.

3.      Aktif di berbagai marketplace freelancer

Pastikan bahwa kamu aktif di berbagai marketplace tempat bertemunya para freelancer. Apalagi saat ini ada banyak pilihan marketplace yang bisa kamu ikuti dengan sangat mudah. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan kompetisi atau persaingan antar content writer yang ada di marketplace itu. Biasanya hal ini terjadi dengan penawaran harga hingga jumlah artikel yang diberikan. Bila kamu yakin dengan kualitas tulisan dan artikel maka kamu tidak perlu ragu untuk memberikan harga yang cukup mahal.

4.      Menawarkan promo

Mungkin kamu juga bisa mencoba untuk menawarkan berbagai promosi menarik bagi para calon klien. Cara seperti ini sering dilakukan dengan memberikan bonus artikel yang sangat banyak. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan pemberian potongan harga dalam jumlah tertentu. Namun, kamu harus ingat bahwa pemberian promosi ini hanya dilakukan di awal penawaran saja. Hal ini untuk menghindari kerugian yang terlalu besar.

5.      Meningkatkan pelayanan

Tentu saja kamu harus terus meningkatkan pelayanan kepada para calon klien. Biasanya cara ini dilakukan dengan memberikan garansi revisi kepada para klien yang telah membeli artikel. Selanjutnya, kamu juga harus melakukan komunikasi yang intensif pada saat progress pengerjaan artikel.

Exit mobile version