Cara memulai bisnis online lewat instagram

| | ,

Bisnis online lewat instagram

Bisnis online saat ini menjadi pilihan selama masa pandemi covid19. Apalagi ada banyak pilihan bisnis online yang bisa dijalankan dengan sangat mudah. Dukungan dari perangkat dan teknologi digital yang semakin baik tentu saja harus menjadi pertimbangan utama. Selain itu, bisnis online juga dianggap tidak terlalu membutuhkan modal yang terlalu besar. Misalnya saja kamu bisa memanfaatkan instagram sebagai salah satu platform online utama untuk memulai bisnis. Namun, kamu harus ingat bahwa ada banyak pilihan produk yang bisa kamu tawarkan. Selain itu, kamu juga bisa menjalankan bisnis ini dari mana saja dan kapan saja. Cobalah untuk menggunakan beberapa tips memulai bisnis online lewat instagram.

bisnis-online-lewat-instagram
bisnis online lewat instagram

5 tips memulai bisnis online lewat instagram yang bisa dicoba

Kamu bisa mempertimbangkan beberapa tips yang akan membantu dalam memulai bisnis online lewat instagram. Masing-masing dari tips ini tentu saja memberikan pengaruh yang besar untuk mendapatkan target keuntungan. Selain itu, potensi bisnis yang sangat besar seperti ini juga dianggap akan membutuhkan perhitungan yang baik sebelum mengambil keputusan. Berikut ini ada 5 tips memulai bisnis online lewat instagram yang bisa kamu coba seperti:

1.      Memilih produk

Tentu saja ini menjadi tips yang paling penting untuk memulai bisnis online lewat instagram. Kamu harus menentukan pilihan produk yang sesuai dengan modal yang kamu miliki. Apalagi saat ini ada banyak pilihan produk yang bisa saja kamu tawarkan lewat instagram. Namun, pastikan bahwa penawaran produk itu sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan instagram. Hal ini dilakukan untuk menghindari pemblokiran terhadap akun yang kamu gunakan untuk menawarkan produk. Beberapa pilihan produk populer yang mungkin bisa kamu pertimbangkan seperti aksesoris, fashion, makanan ringan, otomotif, hobi dan lainnya.

2.      Target market

Tentu saja kamu juga harus memilih target market yang jelas sesuai dengan penawaran produk. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses penawaran dan penjualan untuk jangka waktu yang lebih lama. Pastikan juga bahwa target market ini memiliki spending power sesuai dengan harga yang ditawarkan dari setiap produk. Biasanya pemilihan target market ini disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, wilayah lokasi dan lainnya. Semakin detail data target market yang kamu pilih maka akan semakin mudah juga untuk memberikan penawaran khusus.

3.      Posting foto terbaik

Hal ini akan memberikan pengaruh besar terhadap penjualan produk. Apalagi banyak pengguna instagram yang memilih dan tertarik untuk membeli produk berdasarkan tampilan dari foto. Kualitas dari foto yang ditampilkan juga harus baik. Namun, kamu juga harus ingat bahwa foto yang ditampilkan dari produk ini juga harus sesuai dengan kondisi asli. Ini akan menjadi nilai tambah dan mendapatkan review yang baik juga dari para pembeli.

4.      Lakukan promosi atau beriklan

Cobalah lakukan promosi atau beriklan di instagram. Promosi yang bisa kamu lakukan dengan memberikan potongan harga. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan fitur ads untuk beriklan di bagian dari home. Semakin sering kamu beriklan maka banyak juga orang yang tertarik untuk melihat secara langsung dari produk itu.

5.      Berikan layanan support

Pelayanan setelah pembelian produk melalui instagram juga harus dipertimbangkan. Misalnya saja kamu memberikan support chat pada pelanggan setelah penerimaan produk. Hal ini dilakukan untuk mengurangi complain dari pembeli. Bahkan, kamu juga bisa menawarkan pengembalian produk bila terjadi kerusakan pengiriman.

Previous

Langkah mudah memulai bisnis warung sembako

Tips dan cara memulai profesi influencer

Next

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: