Langkah mudah memulai bisnis warung sembako

| | ,

Bisnis warung sembako

Kamu memiliki banyak peluang untuk memulai bisnis. Bahkan, pemilihan bisnis itu juga bisa berdasarkan dari kebutuhan target pasar. Misalnya saja mencoba untuk memulai bisnis warung sembako. Kamu harus paham bahwa bisnis seperti ini bisa dijalankan dengan sangat mudah. Modal yang kamu butuhkan juga bisa disesuaikan dengan skala bisnis. Selain itu, potensi keuntungan yang kamu dapatkan juga akan berdasarkan dari metode hingga pemilihan tempat. Bisnis seperti ini memiliki pangsa pasar yang terus berkembang. Namun, pastikan juga bahwa keuntungan yang kamu dapatkan berasal dari nilai margin penjualan produk.

memulai-bisnis-warung-sembako
memulai bisnis warung sembako

5 tips memulai bisnis warung sembako

Ada beberapa tips untuk memulai bisnis warung sembako. Biasanya tips ini memberikan kemudahan dalam menjalankan bisnis dengan skala kecil atau menengah. Namun, kamu juga harus memastikan bahwa bisnis ini akan memiliki metode penjualan yang sama seperti warung lainnya. Pemilihan dari target market juga harus jelas. Berikut ini ada 5 tips memulai bisnis warung sembako yang harus diperhitungkan dengan baik, seperti:

1.      Hitung modal yang digunakan

Perhitungan modal menjadi hal yang sangat penting untuk memulai bisnis warung sembako. Apalagi modal yang kamu miliki juga akan mempengaruhi skala bisnis yang dijalankan. Semakin besar modal yang kamu gunakan untuk bisnis ini maka peluang untuk mendapatkan keuntungan juga akan semakin lebih baik. Selain itu, seluruh potensi modal yang kamu miliki juga mempengaruhi dari item yang ada di warung sembako. Hal ini justru akan menjadi keunggulan bagi kamu untuk memulai bisnis ini dengan sangat mudah dan cepat berkembang. Pastikan juga bahwa modal yang kamu miliki akan disimpan sebagian untuk kebutuhan mendadak.

2.      Pilih tempat strategis

Cobalah untuk memilih tempat strategis dalam memulai usaha warung ini. Tempat yang strategis biasanya mudah dijangkau oleh banyak pembeli. Hal ini tentu saja akan memberikan kenyamanan bagi para pembeli. Bahkan, ini juga mempengaruhi nominal dari keuntungan yang kamu dapatkan. Pastikan juga bahwa tempat itu juga bisa menampung dan menjadi bagian dari seluruh penyimpanan produk sembako. Biasanya ini akan memberikan pengaruh terhadap ketahanan kualitas dari produk yang akan disimpan di warung.

pasar-tradisional-warung-sembako-bisnis
pasar tradisional warung sembako bisnis (unsplash)

3.      Tawarkan produk berkualitas

Jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan terbaik dengan menawarkan produk berkualitas. Kamu bisa dengan mudah menentukan pilihan produk terbaik dari item yang ditawarkan dari warung ini. Semakin banyak pilihan produk itu maka akan semakin mudah juga para pembeli mencarinya. Selain itu, pastikan juga bahwa produk utama seperti sembako memiliki alur keluar masuk yang lebih cepat. Hal ini dilakukan untuk menghindari penimbunan hingga pembusukan.

produk-berkualitas-warung-sembako-bisnis
produk berkualitas warung sembako bisnis (unsplash)

4.      Update metode pembayaran

Mungkin ini bisa memberikan pengaruh yang besar dari penjualan produk. Saat ini ada banyak pilihan dari metode pembayaran yang sudah dikenal di masyarakat pada umumnya. Kamu bisa mencoba untuk melakukan perubahan kecil dengan menawarkan banyak pilihan pembayaran. Bahkan, kamu juga bisa mencoba untuk menerima pembayaran melalui skema digital. Hal ini juga bisa memudahkan para milenial yang sering menggunakan metode ini.

5.      Gunakan margin kecil

Hal yang lebih penting lagi adalah cobalah terapkan margin kecil pada setiap produk yang kamu tawarkan dari sembako ini. Biasanya margin kecil ini juga akan mempengaruhi harga jual dari setiap produk. Bahkan, ini akan membantu kamu untuk mendapatkan alur keluar masuk produk dengan lebih cepat.

puncak-gunung-warung-sembako-bisnis
puncak gunung warung sembako bisnis (unsplash)
Previous

Mengakali KPR Rumah Tanpa DP

Cara memulai bisnis online lewat instagram

Next

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: