Site icon Ekonomi Bisnis dan Teknologi

Ringkasan Eksekutif adalah Ulasan Ringkas Bisnis Anda, Bagaimanakah Cara Membuatnya?

Ringkasan eksekutif merupakan penentu dari diterima atau tidaknya proposal bisnis yang Anda ajukan kepada klien. Secara garis besar, ringkasan eksekutif adalah ulasan yang menjelaskan rencana bisnis Anda secara garis besar serta poin penting mengenai kerjasama yang Anda tawarkan kepada klien. Karena tujuannya sangat penting, ringkasan eksekutif tidak bisa dibuat sembarangan dan membutuhkan keterampilan.

ringkasan eksekutif adalah

Pentingnya tujuan yang harus dicapai dalam pembuatan ringkasan eksekutif membuat penulisnya harus mampu memenuhi kaidah-kaidah penting dalam penulisan proposal. Meskipun hanya sebuah ringkasan, bagian ini mencakup banyak hal seperti latar belakang dan rencana mewujudkan latar belakang tersebut.

Ringkasan Eksekutif adalah Bagian Penting Dalam Membangun Mitra

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, seorang mitra akan tertarik dengan proposal Anda ketika bagian ringkasan eksekutifnya mencuri perhatian mereka. Itulah kenapa ringkasan eksekutif selalu disebut dengan kesan pertama karena memang di sinilah pertama kalinya seorang mitra mencoba mencari tahu tentang rencana bisnis yang Anda tawarkan.

Oleh sebab itu jangan sampai melakukan kesalahan dalam menyusun ringkasan eksekutif agar tujuan Anda bisa tercapai. Seperti namanya, ringkasan eksekutif itu harus ringkas, namun jelas dan tidak bertele-tele. Jelas, singkat dan mudah dimengerti dalam menyampaikan poin-poin penting mengenai penawaran bisnis adalah cara terbaik membuat sebuah ringkasan eksekutif. Lalu bagaimanakah agar ringkasan eksekutif Anda bisa membuat proposal bisnis diterima?

Cara Efektif Membuat Ringkasan Eksekutif

Memaparkan Masalah dan Solusi

Untuk meyakinkan mitra bisnis Anda, paparkanlah masalah disertai dengan solusi yang menarik. Dibalik pembuatan proposal dan rencana bisnis yang dibuat pasti ada latar belakang atau masalah yang mendasari, maka sertakan hal tersebut di dalam ringkasan eksekutif. Selanjutnya Anda bisa menyebutkan solusi dari permasalahan tersebut dimana solusi tersebut lah yang ingin Anda kerjakan bersama dengan mitra.

Apabila penjelasan mengenai solusi jelas dan menarik maka mitra akan dengan senang hati bergabung dengan Anda untuk melakukan solusi tersebut. Jadi pastikan untuk menulis bagian ini denga baik sembari menggiring opini klien untuk menyetujui solusi yang Anda tawarkan.

Menentukan Target Pasar

executive summary perusahaan

Setelah solusi dipaparkan, Anda harus menjelaskan siapa saja yang akan menjadi target pasar atau orang yang terkena dampak dari solusi tersebut. Target pasar yang Anda sebutkan harus jelas dan berpotensi menguntungkan agar klien tidak ragu untuk bergabung bersama Anda. Lakukanlah penelitian secara mendalam mengenai target pasar agar Anda tidak salah sasaran.

Perkiraan Pendapatan

Bagian ini merupakan yang paling berpengaruh karena tujuan dari diterima atau tidaknya proposal Anda adalah apakah bisnis ini menguntungkan atau tidak. Tentunya hal itu lah yang pertama kali muncul dalam benak mitra Anda karena hampir semua pihak yang menjalin kerjasama tidak lain dan tidak bukan adalah karena sebuah bisnis itu menguntungkan.

Dengan menjelaskan pendapatan serta keuangan dalam bisnis yang Anda tawarkan secara jelas, mitra Anda setidaknya bisa mendapat gambaran mengenai seberapa besar keuntungan yang bisa didapatkan jika ia bersedia menjalin kerjasama.

Pemilihan Bahasa

Pemilihan bahasa adalah aspek yang paling penting dalam membuat ringkasan eksekutif. Bahasa yang Anda pakai harus persuasif namun tetap terkontrol dan tidak berlebihan. Intinya Anda hanya diminta untuk memaparkan rencana bisnis yang Anda tawarkan untuk kerjasama bersama mitra dengan jelas dan agar mereka menerima proposal Anda. Jadi ringkasan eksekutif adalah sebuah kunci sukses atau tidaknya sebuah proposal.

Exit mobile version